First Run : Unity !

Share this !
Ini adalah pertama kalinya saya mencoba untuk mendevelop aplikasi berbasis Augmented Reality.
INI BUKAN TUTORIAL :).

Bisa dikatakan bahwa saya adalah Brand Newbie, pertama kali saya mencoba untuk membuat project kecil dengan AR (Augmented Reality) basis Flash Player.
Dengan sedikit motivasi dari project para master di grup. Saya berniat untuk membuat sesuatu yang lebih dari percobaan pertama saya. Dan akhirnya saya memutuskan untuk membangun aplikasi AR untuk aplikasi mobile, lebih tepatnya Android. Setelah puas lama-lama gugling dan berdiskusi pada sesepuh. Saya memutuskan memakai Unity3D+Vuforia SDK.
Hal pertama yang dilakukan adalah mendownload, 508MB Unity3D 3.5.7. Dengan koneksi modem seadanya, alhasil memakan waktu 8 jam. Totally worth it.
Namun dikarenakan saya memakai OS Windows 8, ternyata ada serangga pada aplikasi ini. Setelah gugling dengan susah payah untuk memecahkan masalah ini. Pilihannya ada dua, downgrade atau upgrade versi Unity, atau buat dualboot pada laptop saya.

Kebanyakan Developer AR pake Windows XP

Akhirnya setelah menimbang keterbatasan sumberdaya pada laptop (harddisknya penuh.hahaha). Saya memilih untuk upgrade Unity ke versi 4.0.1f. Tentu saja :

Download lagi!!!!

Bahkan pada versi ini kapasistasnya lebih besar, yakni 618MB. 
feel so sorry for my modem . hahaha
Setelah itu semua akhirnya inilah hasilnya :

first run Unity3D 4.0.1f +Vuforia SDK


langkah pertama yang melelahkan.
.