Bangun Bisnis Online Yuk !

Share this !
“ Ingin jual barang dengan mudah dan cepat ? Ups kecepetan ? ”
#tagline salah satu iklan toko online.
memang mudah, memang cepat, dan GRATIS ! Itulah beberapa keuntungan yang kita dapatkan apabila kita memasarkan produk atau jasa kita melalui internet. Go Online !


Ingin jualan tempe di internet ? kenapa enggak !

Buat dulu iklan produk kalian, mau bikin website sendiri atau blog juga boleh. Gak tau caranya ? Gampang. Sekarang ada beberapa alternatif lain kok. Kalian bisa gunakan Facebook Page, Berniaga.com, Tokobagus, dan Kaskus FJB.
Bayangkan yang biasanya pelanggan kita terbatas oleh luas area jangkauan kita berjualan menjadi tak terbatasi. Hal tersebut sangat mungkin apabila kita memasang iklan kita diinternet. Tetapi, selain banyaknya calon pembeli yang tertarik pada produk kita. Tentunya banyak juga kompetitor yang berjualan produk yang sama. Lantas ?
Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa masukan bagi kalian yang ingin berjualan online.


#1st 
Pahami istilahnya !
di internet ada beberapa istilah yang mungkin asing bagi kalian yang baru menginjakkan kaki di alam ini. misal : COD, Gan, nett dan lain-lain.


nett


#2nd 
Tentukan target pasar !
sesuaikan tempat kalian memasang iklan dengan kategorinya, ini memudahkan calon pembeli menemukan produk kalian.


#3rd 
Pasang iklan dengan jelas !
Iklan adalah penggambaran nyata produkmu, jadi pasang iklan dengan kondisi dan spesifikasi yang seperti produk aslinya. Pasang juga foto atau video produk kalian.


tempe


#4th
Pasang testimoni pembeli !
Sebuah testimoni adalah sebuah nilai tambah untuk meyakinkan calon pembeli. Selain itu juga bisa menjadi tolak ukur reputasi kalian.


testi


#5th 
Manfaatkan komunitas !
Ada bermacam-macam komunitas didalam suatu forum atau Facebook, kalian bisa memanfaatkan sebuah komunitas untuk memasarkan produk kalian. Tentunya dari komunitas yang sesuai dengan produk kalian.


komunitas


#6th 
Bangun kepercayaan ! 
Calon pembeli akan semakin yakin membeli produk kalian jika kalian memiliki reputasi yang baik. Dari beberapa hal diatas masih belum cukup untuk meyakinkan calon pembeli sepenuhnya. Kalian juga harus memasang alamat yang lengkap dan identitas diri yang jelas.

KTP


#7th
Layani dengan baik !
Ingat! kepuasan pembeli akan menetukan langkah usaha kalian, jika pembeli puas atas pelayanan kalian, bukan tidak mungkin dia akan merekomendasikan produk kalian. Begitu juga sebaliknya, jika pelayanan kalian buruk maka dia tidak akan segan-segan menjatuhkan reputasi produk kalian ke teman-temannya.


ly


#8th 
Berikan kemudahan transaksi !
Kalian juga harus menyiapkan rekening bank atau via transaksi lain untuk memberikan kemudahan pada pembeli luar kota atau yang tidak bisa COD. Kalian juga bisa memanfaatkan jasa Rekber atau KasPay di KasKus. Untuk pengiriman barang bisa melalui kurir yang telah disepakati bersama.


ANTAR


#9th 
Selalu update dan fast response !
Calon pembeli tidak hanya menghubungi kalian melalui sms atau telepon saja. Oleh karena itu, kebutuhan untuk update informasi di KasKus, Facebook, Twitter, email dan lain-lain. Sangatlah penting ! Terlalu mahal ? Tenang kan ada AXIS, GSM yang baik yang selalu memberikan keuntungan bagi kita melalui layanan-layanan yang ada. Karena AXIS semakin dekat dengan Rakyat.


axis

Tentunya membangun suatu brand yang besar diperlukan waktu yang tidak sekejap, namun untuk menjatuhkan suatu brand dibutuhkan hanya satu kesalahan. Jadi Was-Was lah ! Was-Was lah !
.