Candi Jawi, Eksotisme diantara Hiruk Pikuk Kota dan Gempita Wisata Tretes !

Share this !
Pintu Masuk Candi Jawi



Terletak di lereng gunung Welirang dan gunung Arjuno. Tretes merupakan tujuan wisata yang banyak dikunjungi pada saat-saat liburan seperti tahun baru sekarang. Selain menyuguhkan keindahan panorama alam, disana juga banyak fasilitas-fasilitas yang dapat kita gunakan seperti villa, restoran, arena outbond, lapangan golf.

Itulah mengapa pada saat liburan banyak kendaraan lalu-lalang, tapi sebagian besar pengunjung memang tidak menyadari keberadaan objek wisata sejarah disekitar jalan ke arah Tretes. Karena untuk masa sekarang ini, hanya sedikit orang yang menjadikan wisata sejarah sebagai tujuan utama liburan mereka.

Candi Jawi
Meskipun bukan menjadi tujuan wisata yang utama, karena letaknya yang ada di jalur pertengahan antara kecamatan Pandaan - kecamatan Prigen menuju Tretes, membuat Candi Jawi sedikit lebih 'beruntung' dibandingkan dengan candi-candi lain yang bahkan tidak diketahui keberadaannya. Sehingga Candi Jawi terlihat terawat dan terpelihara. Namun Candi ini bukanlah sebuah Candi tempat pemujaan atau tempat peribadatan Buddha yang seperti dikira banyak orang, Candi Jawi merupakan tempat penyimpanan abu dari raja Kertanegara, raja terakhir dari kerajaan Singhasari.

Memasuki kawasan Candi, kita akan disambut oleh kolam berisi bunga teratai yang mengitari candi. Seorang penjaga akan mempersilahkan kita untuk mengisi buku tamu.Namun hanya sedikit informasi mengenai sejarah candi ini yang saya dapatkan.Menurut papan yang ada di areal Candi, Candi Jawi pernah dipugar dan diperbaiki pada tahun 1975-1980 dan diresmikan tahun 1982. Sisa-sisa bangunan tersebut memang masih ada, namun bentuknya lebih mirip onggokan batu bata, mungkin sisa dari gerbang candi tersebut terbuat dari bata merah. Ada beberapa relief di dinding Candi Jawi yang tidak bisa saya baca *yaiyalah.
Relief juga terdapat di bagian dalam candi, terletak di bagian tengah ada sebuah relief yang menurut orang disana adalah relief Dewa Surya.Ada juga beberapa arca di sana.

Adalah sesuatu yang menarik dapat menikmati setiap detil dari candi ini, seakan kita dibawa ke suasan masa lampau. Lokasi yang rindang dan bersih serta hawa yang sejuk sangat mendukung untuk lebih jauh mengamati candi yang satu ini. Selain itu kita dapat memberikan kontribusi untuk tetap menjaga dan memelihara keberadaan candi ini. Karena biaya untuk itu hanya didapat dari sumbangan sukarela pengunjung dan bantuan dari LSM lainnya.

Jika kita ingin berlibur dikawasan kecamatan Prigen, lebih baik untuk mampir ke Candi Jawi, lumayan untuk melepaskan lelah setelah berkunjung ke kawasan wisata Tretes. Selain itu kita dapat menjadikan Candi Jawi sebagai objek foto yang eksotis.
.