PSSI : diancam sanksi FIFA, salahkan pemerintah!

Share this !

Jakarta:Direktur Hukum dan Peraturan PSSI, Max Boboy mengaku telah menduga FIFA bakal memberikan sanksi pada Indonesia apabila Liga Primer Indonesia (LPI) tetap bergulir tanpa seizin PSSI. Bila sepakbola Indonesia benar-benar mendapat sanksi, kata Boboy, pemerintah yang harus bertanggung jawab.

"Saya sudah bilang pemerintah jangan ikut campur, kalau kita dapat sanksi itu semua gara-gara pemerintah," kata Boboy saat dihubungi Tempo, Jumat (7/1) malam.

Ancaman FIFA itu Direktur Keanggotaan dan Pengembangan FIFA, Thierry Regenass saat menghadiri pembukaan Piala Asia di Doha, Qatar, Jumat (7/1). Liga Primer dianggap ilegal karena digelar di luar struktur PSSI.

Menurut Boboy, FIFA bisa saja memberikan sanksi larangan kepada Indonesia tidak boleh tampil di ajang kejuaraan internasional dan menggelar kejuaraan internasional. Selain itu, Boboy bisa saja Indonesia tidak diizinkan menggelar pertandingan sepak bola pada saat menjadi tuan rumah SEA Games 2011 nanti.

"Sebelumnya, kami sudah mengatakan kepada Kepolisian jangan memberikan izin bila PSSI belum memberikan izin," ujar Boboy.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang diberikan kewenangan memberikan izin oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alifian Mallarangeng ini, menurut Boboy, tidak mengerti tentang aturan FIFA. "FIFA itu tidak mengenal amatir atau profesional," katanya.